Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga Meskipun Memiliki Gaji Kecil

0
52

Aerial-mag.com, Penting bagi anggota keluarga untuk menerapkan cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga. Pengelolaan yang tepat akan memberikan kenyamanan. Sebaliknya, salah perhitungan akan membuat Anda sulit dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Kebutuhan hidup itu banyak sekali. Ini diperparah dengan kecilnya gaji bulanan yang diterima. Bahkan, ada juga yang tidak memiliki penghasilan tetap sehingga keluarga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan utamanya.

Bila Anda memiliki gaji kecil atau gaji yang tidak menentu, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Langkah ini setidaknya bisa membantu dalam menstabilkan keuangan. Bahkan, uang yang diterima masih bisa ditabung untuk memenuhi kebutuhan lainnya seperti dana pendidikan dan lain sebagainya. Nah, bagaimana caranya?

Cermatilah Apa Saja Yang Anda Butuhkan Dalam Satu Bulan

Kebutuhan utama seseorang adalah sandang, pangan dan papan. Masing-masing harus direncanakan dengan sangat matang. Ini membutuhkan kepekaan dan ketelitian agar kesemuanya bisa didapatkan dengan lebih tenang.

Yang paling utama dan sering dibutuhkan adalah pangan. Di sini, Anda perlu mengetahui secara pasti tentang apa yang dibutuhkan. Contohnya adalah beras, gas dan lain sebagainya yang berhubungan dengan menu makanan harian.

Buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan dalam satu bulan. Rincikan daftar belanjaan ini secara tepat. Misalnya dengan membuat jadwal menu di tiap harinya. Ini dilakukan untuk mengatur pengeluaran biaya secara akurat.

Selain hal yang berhubungan dengan makanan, sejumlah tagihan wajib juga harus dihitung. Contohnya adalah tagihan listrik ataupun air. Intinya, ketahui apa saja yang wajib dibayar selama satu bulan.

Kurangi Kebiasaan Yang Memakan Biaya

Cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga selanjutnya adalah menahan diri untuk melakukan kebiasaan yang menghamburkan uang. Memang agak sulit, tapi ini akan sangat berguna untuk Anda.

Contoh kebiasaan menghamburkan uang adalah keseringan makan di luar. Atau, tergiur untuk membeli barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting. Minimal, hindari kebiasaan mengutamakan ego Anda.

Percayalah jika ego itu hanya akan menyulitkan. Akan lebih baik jika Anda membiasakan makan di rumah bersama keluarga. Toh, kebiasaan ini bisa mengakrabkan Anda dengan anggota keluarga. Kesannya lebih spesial dan penuh kasih sayang.

Upayakan Untuk Menabung Walaupun Jumlahnya Sedikit

Setelah menghitung pengeluaran bulanan, Anda tentunya bisa melihat seberapa besar uang yang dibelanjakan bukan? Ketika uang tidak cukup, maka minimalkan pengeluaran untuk membeli sesuatu. Artinya, belilah barang kebutuhan yang sekiranya bagus dengan harga yang murah.

Dari pembelian ini, Anda tentu bisa menyisakan uang dari gaji bulanan kepala keluarga. Ketika mendapati sisanya, cara mengatur uang bulanan seperti menabung harus dilakukan. Tidak masalah bila jumlahnya kecil.

Jumlah yang kecil ini akan terus bertumpuk kedepannya. Suatu hari nanti, tabungan ini bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih positif. Contohnya adalah sebagai tabungan untuk pendidikan anak, sampai tabungan untuk pengobatan dan lain sebagainya.

Cobalah Untuk Mencari Pendapatan Tambahan

Mencari pendapatan tambahan ini sangat baik dilakukan. Terutama bila Anda memang memiliki gaji bulanan yang pas-pasan. Toh, banyak sekali peluang usaha yang menggunakan modal minimal.

Pendapatan tambahan ini bisa mengisi saku Anda. Bisa dikatakan sebagai dana tambahan yang gunanya untuk hal-hal di masa depan. Karena hampir kesemua kebutuhan sudah terpenuhi dari uang bulanan.

Pendapatan ini baiknya ditabung. Asalkan Anda konsisten, keuangan rumah tangga akan stabil. Keluarga Anda tidak akan kekurangan sesuatupun sehingga kehidupan berkeluarga tampak lebih normal.

Kesimpulannya, prioritaskan gaji bulanan untuk membiayai kebutuhan utama. Kemudian, rajinlah menabung sebagai dana cadangan/darurat di masa depan. Itulah cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga yang bisa Anda praktekkan mulai saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here