Perkembangan Teknologi Terbaru Di Dunia, Semua Tentang Kecerdasan Buatan

0
30

Aerial-mag.com, Kecerdasan buatan menjadi tren perkembangan teknologi terbaru di dunia saat ini. Bahkan di tahun 2018 ini diprediksi akan sangat diandalkan dalam berbagai sektor, terlebih lagi kampanye Internet of Things sangat gencar dilakukan.

Artifical intellegence atau kecerdasan buatan ini memungkinkan manusia dapat melakukan perkerjaan menjadi lebih efisien. Oleh sebab itu, wajar saja jika perusahaan teknologi global berlomba-lomba untuk menciptakan algoritma teknologi ini. Sebut saja Google, Amazon, Microsoft, Facebook, dan Apple. Berikut ini beberapa contohnya:

  1. Aplikasi Pintar dan Analisis

Nantinya, setiap perangkat pintar mulai dari smartphone, laptop, sampai wearable device akan disematkan aplikasi pintar yang menggunakan sebuah chipset artificial intelligence.

Aplikasi pintar semacam ini kemungkinan besar akan menjadi bagian hidup Anda nantinya. Keberadaan sederet dari aplikasi pintar seperti iniĀ  berpotensi mengubah kultur kantor dan juga pekerjaan sehari-hari.

  1. Perangkat Pintar

Drone, speaker pintar, mobil swakemudi, serta smart television adalah beberapa contoh dari perangka pintar atau intellegence things yang dimaksud di sini. Seperti halnya aplikasi pintar, teknologi ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan serta mesin pembelajaran (machine learning) dalam hal pengoperasiannya.

Di tahun 2018 ini, perangkat pintar semacam ini tampaknya akan semakin populer. Bahkan banyak para analis teknologi yang meramalkan akan lahir sebuah perangkat yang bisa beroperasi tanpa bantuan manusia.

  1. Admin Virtual

Pastinya Anda pernah mengalami kebingungan ketika ada masalah pada ponsel namun layanan call center 24 jam tidak merespon saat ditelpon. Dan salah satu perkembangan teknologi di dunia yang bernama admin virtual ini bisa menjadi solusianya.

Terknologi yang digunakan sebenarnya masih berbasis kecerdasan buatan, yang berarti bisa memangkas biaya serta akan jauh lebih efisien. Bahkan mungkin saja kedepannya admin virtual bukan hanya sekedar teks saja, tapi akan berbentuk avatar yang bisa diajak bicara langsung.

  1. Pengambilan Keputusan Bisnis

Dengan semakin majunya kecerdasan buatan ditambah sistem jaringan yang semakin luas, sekarang banyak perusahaan yang sudah memanfaatkannya untuk mengambil keputusan bisnis (event-driven).

Banyak yang percaya bahwa kecerdasan buatan seperti ini bisa memberikan keputasan bisnis yang lebih akurat. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang memanfaatkannya terutama pada saat mengambil keputusan bisnis.

  1. Keamanan Berbasis Kecerdasan Buatan

Idealnya pengembangan teknologi kecerdasan buatan haruslah diimbangi dengan sistem keamanan yang cerdas juga. Jika tidak, sama saja dengan bunuh diri. Dan teknologi CARTA (Continous Adaptive Risk and Turst Assasment) bisa menjadi salah satu jalan keluarnya.

Banyak yang mengatakan jika tingkat kemanan kecerdasan buatan yang satu ini bahkan bisa memantau serta menganalisa keamanan dalam waktu hanya sepersekian detik sebelum serangan terjadi.

  1. Gabungan Virtual Reality dan Augmented Reality

Sebenarnya kedua hal ini sudah mulai populer semenjak awal tahun 2017. Contohnya saja augmented reality atau realitas tambahan yang paling umum adalah game Pokemon Go dan juga live streaming Snapchat.

Sedangkan untuk virtual reality contohnya adalah perangkat Oculus Rift besutan dari Facebook dan juga Hololens yang berasal dari Microsoft. Tapi di tahun 2018 ini diprediksi akan terjadi gabungan antara kedua teknologi tersebut.

  1. Digital Twins

Ternyata kecerdasan buatan juga bisa lahir secara kembar. Hal seperti ini dimaksudkan agar supaya bisa mempermudah operasional digital yang di dalamnya memuat miliaran data dalam setiap detiknya.

Jika berbicara mengenai perkembangan teknologi memang tidak pernah ada habisnya. Dan setiap tahunnya pasti akan ada perkembangan teknologi tebaru di dunia yang pastinya akan semakin inovatif.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here