Tahukah Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Keluarga Dan Fungsi Utamanya?

0
32

Aerial-mag.com, Meskipun setiap orang memiliki keluarga, tapi kenyataannya banyak yang belum mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan keluarga. Apakah Anda juga belum memahaminya?

Keluarga yang ideal tersusun dari formasi yang lengkap. Kelengkapan anggotanya membuat keluarga nampak lebih sempurna. Hanya saja, tidak semua orang beruntung mendapati keluarganya dalam keadaan utuh.

Meskipun begitu, bukan berarti jika seseorang tersebut lantas tidak bisa mendapatkan kebahagiaan. Pasalnya, kebahagiaan itu berasal dari cara pandangnya. Jika cara pandangnya positif, tentu saja kebahagiaan akan datang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai apa itu keluarga beserta fungsi utamanya. Ulasan ini sedikitnya bisa menjadi gambaran kecil, mengenalkan Anda tentang keluarga. Jadi, mari perhatikan ulasannya berikut ini!

Pengertian Dari Keluarga

Keluarga memang sangat penting dalam kehidupan. Setidaknya, di sinilah tempat Anda membentuk karakter dan mendapatkan sejumlah pengetahuan. Bahkan, kasih sayang yang Anda miliki berasal dari keluarga.

Lalu, apa yang dimaksud dengan keluarga itu? Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang tersusun dari beberapa anggota. Anggotanya meliputi kepala keluarga beserta anggota yang berkumpul di bawah satu atap yang sama.

Setiap anggotanya ini saling bergantung sama lainnya. Contohnya adalah ibu dan anak akan bergantung pada ayah/suami dalam hal nafkah. Begitupun sebaliknya, ayah akan mengandalkan anggota keluarga lain dalam mengatur sesuatu dalam rumah.

Fungsi Utama Dari Keluarga

Bicara tentang fungsi dari keluarga, tentunya cukup banyak. Salah  satu fungsi paling jelas adalah untuk mendapatkan keturunan. Keturunan ini akan meneruskan apa yang biasanya dilakukan oleh keluarga.

Apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak. Fungsi keluarga lainnya adalah sebagai tempat teraman dan nyaman bagi seseorang. Setidaknya, di sinilah tempat untuk memperoleh kasih sayang yang nyata dan tidak bisa dibayar dengan materi sebesar apapun.

Selain itu, keluarga juga berfungsi untuk sarana mendidik moral dan mental anggota keluarganya. Khususnya untuk mendidik calon penerus keluarga. Dalam hal ini, tentu saja anak-anak yang dilahirkan dalam keluarga tersebut.

Kemudian fungsi lainnya adalah sebagai sarana belajar sosialisasi. Tak hanya itu saja, tetapi juga sebagai sarana untuk belajar ilmu sampai sarana untuk tempat perlindungan. Makanya, tidak heran jika seseorang akan merasa lebih nyaman bila hidup di tengah-tengah keluarga besarnya.

Jenis-Jenis Keluarga

Bicara tentang jenisnya, keluarga ini terbagi menjadi 3 kelompok. Hal ini mengacu pada jumlah anggota yang ada di dalamnya.

Yang pertama adalah keluarga inti. Keluarga ini hanya berisikan seorang Ayah, Ibu dan anak. Ini menjadi susunan keluarga yang mendasar dan biasanya dijumpai di sekitar Anda.

Yang kedua adalah keluarga Konjugal. Keluarga ini cakupannya lebih luas dibandingkan yang pertama. Karena di dalamnya terdiri dari keluarga inti, kemudian dilengkapi dengan kakek ataupun nenek.

Sedangkan yang ketiga adalah keluarga luas. Tipe ini sangatlah luas cakupannya. Karena anggotanya semakin banyak. Yakni dilengkapi dengan kerabat seperti paman ataupun bibi.

Contoh paling jelas dari keluarga luas adalah keluarga yang ada di negara India. Di sini, hampir semua anggotanya tinggal di bawah satu atap. Tentu saja, bila setiap anggotanya bisa bersikap bijaksana, maka keluarga akan terasa lebih nyaman dan ramai.

Intinya, keluarga menjadi satuan terkecil dalam susunan masyarakat. Dibentuk dari beberapa anggota yang tinggal satu rumah. Masing-masing saling membutuhkan dan harusnya bekerjasama untuk meneruskan filosofi keluarga yang dimilikinya. Itulah kurang lebih penjabaran dari apa yang dimaksud dengan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here