Asian Games 2018, Ombudsman Sebut Persiapan Masih Kurang

0
112
asian games
Asian Games 2018, Ombudsman Sebut Persiapan Masih Kurang

Sebagai lembaga pengawasan pelayanan publik, Ombudsman memberi perhatian penuh pada faktor keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang.

Ombudsman sendiri menilai bahwa Asian Games 2018 yang akan datang tak lama lagi masih mempunyai  beberapa kekurangan. Hal itu dinyatakan sendiri oleh Ombudsman usai melakukan observasi langsung ke berbagai venue yang nantinya akan dipakai di acara empat tahunan tersebut. Beberapa daerah yang diyakini masih banyak kekurangan antara lain adalah kawasan Gelora Bung Karno, sisi luarnya, dan Jakabaring Palembang. Observasi tersebut dilakukantepat pada H-60 berlangsungnya Asian Games.

Salah satu anggota Ombudsman, Adrianus Meliala menyatakan bahwa evaluasi kali ini berbeda dengan evaluasi pada biasanya yang dilakukan setelah suatu pelayanan publik berlangsung. Hal ini dikarenakan Asian Games merupakan ajang bertaraf internasional yang akan disaksikan oleh seluruh dunia.

“Kami melakukan evaluasi usai suatu pelayanan publik berlangsung, tapi kali ini kami melakukannya berbeda sebelum berlangsung, karena ingin memastikan semua bisa berjalan dengan baik. Karena Asian Games ini akan jadi perhatian dunia,” kata Andrianus.

Terdapat alasan kuat di balik mengapa pengecekan dilakukan H-60, yakni supaya proses akselerasi yang dilakukan cukup dalam hal waktu, hingga semua titik yang masih belum maksimal akan segera dimaksimalkan. Terdapat dua hal yang ingin mereka teliti yakni sarana umum dan keamanan untuk atlet dan pengunjung baik normal maupun difabel. Kedua hal ini benar-benar harus diperhatikan oleh Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).

Selain itu, ada tiga venue lain yang ingin diteliti oleh pihak Ombudsman antara lain faktor keamanan di dalam dan luar area GBK. Venue di luar GBK meliputi GOR Bulungan, Arena Balap Kuda di Pulomas, serta velodrome yang dirasa masih kurang dari sisi keselamatan. Dari sisi keselamatan diyakini kurang karena pintu darurat (emergency exit) dan posko keamanan yang masih jauh dari kata cukup untuk Asian Games 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here