Kirab Obor Asian Para Games 2018

0
98
asian para games 2018
kirab obor asian para games 2018

aerial-mag.com, Kirab obor Asian Para Games 2018 telah dimulai sejak tanggal 5 september ini. Saat ini Obor mulai dikirab dari solo, jawa tengah. Api obor akan dikirab di hari olahraga nasional sebagai puncaknya.

Penyerahan obor dan lentera dilakukan di Keraton Kesultanan Ternate, Sabtu 9 September kemarin di ternate. Sebelum acara dimulai, para panitia INAPGOC disambut dengan penampilan tarian Cakalele yang merupakan lambang semangat APG 2018.

Dalam acara itu Wakil Ketua Penyelenggara INAPGOC dan Raden Isnanta, menyerahkan obor serta lentara yang dibawa dari Solo. Ditemani Wakil Direktur INAPGOC, Teguh Raharjo dan Sekjen Pelaksana Bayu Rahardian. Walikota Ternate, Burhan Abdurahman juga turut menghadiri acara itu.

Raden Isnanta menatakan bahwa Ternate menjadi salah satu pihak yang mendukung penuh APG. Dia mengharapkan semangat bergelora dalam rangka menyambut ajang olahraga difabel.Burhan juga mengaku bangga Ternate menjadi tempat perayaan Haornas sekaligus touch relay Asian Para Games 2018. Masyarakat Ternate sangat antusias dan siap untuk mensukseskan acara tersebut

Imam Nahrawi selaku menteri pemuda dan olahraga dalam sambutannya menyerukan tentang kesetaraan dan dan kepedulian terhadap penyandang disabilitas. Saat mengikuti kirab obor di ternate, menpora menyampaikan kata sambutannya. Api obor ini adalah sebuah simbol dari semangat perjuangan menyatukan NKRI. Juga sebagai simbol persatauan semangat kepedulian terhadap disabilitas, ujarnya.

Imam Nahrawi menambahkan bahwa pawai obor ini juga menjadi harapan serta dukungan dari masyarakat Ternate dan Maluku Utara. Dukungan untuk keberhasilan atlet-atlet Indonesia. APG 2018 bukan hanya tentang medali, melainkan juga sebuah harkat dan martabat Indonesia dihadapan dunia. Imam Nahrawi juga berpesan untuk mendoakan para atlet, pelatih, kontingen beserta penyelenggara Asian Para Games 2018.

Mengenai Upacara Pembukaan dan Penutupan Obor lantas diberikan kepada kepada atlet difabel tenis meja asal Ternate, Rissal Ansor. Kemudian secara estafet diberikan kepada pembawa obor lainnya. Setelah melalui Ternate, obor akan dibawa mengeliling Bali, Pontianak, Medan, dan Pangkal Pinang. Obor ini akan dijadwalkan berada di Jakarta pada tanggal 30 September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here