Lewis Hamilton Berhasil menjadi Juara Balapan F1 GP Jerman

0
106
Lewis Hamilton juara F1 Jerman
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton juarai F1 GP Jerman

aerial-mag.com, Pebalap dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil menjadi juara pada ajang balapan Formula 1 (F1) GP Jerman di Hockenheimring, Hockenheim, Jerman, Minggu, 22 Juli 2018. Keberhasilan Hamilton ini cukup dramatis, sebab ia mengawali balapan dari urutan ke-14.

Pebalap asal Inggris itu merangsek naik secara perlahan hingga akhirnya memenangi balapan yang berlangsung dalam 67 putaran. Hamilton berhasil mengungguli rekan satu timnya, Valtteri Bottas, dan pebalap dari tim Ferrari, Kimi Raikkonen. Adapun Sebastian Vettel yang memulai balapan di pole position justru tak behasil mencapai garis akhir akibat insiden yang terjadi pada putaran ke-52.

Sebastian Vettel mengawali balapan dengan baik dan sukses mempertahankan posisinya di urutan terdepan untuk beberapa waktu, sambil dibayangi oleh Bottas dan Raikkonen. Sementara itu, Lewis Hamilton naik ke urutan ke-12. Bahkan, saat memasuki putaran ke-9, Hamilton berhasil menempati posisi ke-7.

Vettel terus memimpin jalannya balapan. Ia mencatatkan keunggulan 3,6 detik atas Bottas yang ada di posisi kedua pada putaran ke-12. Di putaran ke-15, Raikkonen melakukan pit stop, yang membuat posisi ketiga diambil alih oleh Verstappen untuk sementara, dan Raikkonen hanya turun satu strip.

Vettel memperlebar jarak waktu dengan Bottas hingga 5 detik pada lap 25. Ia lalu melakukan pit stop di putaran ke-26 dan turun ke posisi ke-4. Di putaran ke-29, Daniel Ricciardo (tim Red Bull Racing) terpaksa gagal mencapai garis akhir setelah mesin mobilnya rusak dan kehilangan tenaga di putaran ke-29.

Pada putaran ke-35, posisi pertama ditempati Raikkonen, yang diikuti Vettel dan Hamilton. Sementara, Bottas dan Verstappen berkejaran di posisi ke-4 dan ke-5. Namun, Vettel berhasil kembali menempati posisi pertama di putaran ke-39,.

Hujan kemudian turun di lintasan Hockenheimring. Sejumlah pebalap melakukan pergantian ban demi menghadapi situasi itu. Di putaran ke-52, Vettel kehilangan kendali. Mobilnya lalu menabrak pembatas lintasan. Ia pun dipastikan gagal melanjutkan balapan.

Tim Ferrari pun langsung bertindak cepat. Kru memerintahkan Raikkonen masuk pit stop untuk mengganti ban menjadi ultrasoft. Sekembalinya dari pit stop, Raikkonen berada di urutan ketiga. Sementara itu, posisi pertama dan kedua ditempati oleh dua pebalap Mercedes, Hamilton dan Bottas.

Dua pebalap Mercedes itu bersaing untuk memperebutkan posisi pertama di putaran ke-58. Namun, Hamilton mampu mempertahankan posisinya hingga akhir balapan dan menjuarai F1 Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here