Moto GP Inggris 2018 Ditunda karena Hujan Deras

0
35
Aerial-mag.com, Moto GP Inggris batal karena hujan
Moto GP seri Inggris batal digelar.

Aerial-mag.com, Lanjutan Moto GP seri Inggris yang akan berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris resmi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini disampaikan dan dikonfirmasi oleh Race Director Moto GP Mike Webb pada Minggu 26 Agustus 2018.

Balapan terbaru ini terpaksa harus dibatalkan sementara karena cuaca buruk berupa hujan deras yang membuat trek balapan menjadi kurang aman untuk digunakan.

“Moto GP Inggris terpaksa dibatalkan karena factor cuaca menyebabkan adanya akumulasi air di permukaan sirkuit. Sirkuit tidak dalam kondisi yang aman untuk menjalankan balapan,” ujar Webb dalam konferensi pers yang diberikan.

Webb menyebutkan membatalkan pihaknya sangat terpaksa untuk membatalkan balapan, ia juga bahkan menyebut keputusan itu adalah keputusan yang buruk baik bagi penyelenggara dan para penggemar Moto GP. Akan tetapi keputusan itu pun harus diambil demi keselamatan pemain.

“Keselamatan adalah yang paling utama dalam olahraga ini dan olahraga mana pun. Kami sudah berdiskussi dengan para pembalap, Dorna, dan IRTA. Mereka semua sepakat untuk membatalkan balapan,” kata Webb. Ia menjamin insiden ini akan menjadi pembelajaran ke depannya.

Pada awalnya, jadwal balapan sempat diinstruksikan untuk maju pada jam 11.30 yang tadinya dijadwalkan pada 13.00.  Langkah ini diambil untuk menghindari cuaca yang diprediksi akan hujan deras pada jam 13.00 waktu setempat.

Akan tetapi, hujan deras turun sejak pemanasan kelas Moto 3 dan Moto 2 yang memaksa Race Direction selaku penyelenggara untuk mengundurkan waktu balapan. Ia bahkan sempat menjadwalkan balapan dipangkas menjadi 15 lap, tetapi hujan tak kunjung berhenti.

Inspeksi pun diadakan pada 16.00 waktu setempat, tetapi hujan tak kunjung reda dan penyelenggara memutuskan untuk membatalkan balapan.

Keputusan ini juga dinilai tepat karena membahayakan bagi para pembalap. Salah satu pembalap dari Avintia Ducati, Tito Rabat sehari sebelumnya pada Sabtu 25 Agustus 2018 mengalami kecelakaan setelah tergelincir dari lintasan Silverstone.

Rabat tertabrak motor Franco Morbidelli yang juga tergelincir. Ia pun mengalami cedera patah tulang di tiga bagian tubuhnya.

Ketua Keselamatan Moto GP, Franco Uncini menyebut batalnya Moto GP seri Inggris ini karena kondisi aspal yang kurang baik meski sudah sempat diperbaharui pada awal tahun ini. Ia menyebut pada Februari kondisinya masih terbilang baik, tetapi saat balapan F1 kondisinya terlihat tidak rata.

Kejadian pembatalan balapan ini menjadi yang pertama sejak balapan di Grand Prix Austria 1980 dibatalkan karena adanya badai salju.

Dengan pembatalan Moto GP seri Inggris ini, Marc Marquez masih duduk nyaman di puncak klasemen dengan 201 poin unggul dari Valentino Rossi dengan selisih 59 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here