Wakapolri: Asian Games Sudah Siap 90 Persen

0
37
asian games
Asian Games 2018, Ombudsman Sebut Persiapan Masih Kurang

Aerial-mag.com, Persiapan Asian Games 2018 sudah hampir selesai. Hal ini dikatakan oleh Komjen Pol Syafruddin selaku Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018. Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakapolri itu mengatakan sekarang bisa fokus ke persiapan atlet.

“Sudah beberapa kali saya sampaikan bahwa kesiapan fasilitas dan koordinasi dan seluruh fasilitas dan kesiapannya sudah 90 persen,” kata Syafruddin di aula STIK/PTIK, Jl Trunjoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis 25 Januari 2018 setelah ia melaksanakan rapat pimpinan TNI-Polri.

Selain kesiapan fasilitas venue dan penunjangnya, Syafruddin juga menyebut saat ini atlet yang akan bertanding di Asian Games masih terus berlatih, uji coba, dan melakukan persiapan lainnya.

Syafruddin memprediksi persiapan atlet itu akan mencapai 100 persen pada bulan Februari nantinya.

“Tinggal penyiapan atlet. Penyiapan atlet itu sudah 2/3, tinggal 1/3 atau kira-kira 10 persen. Dipoles sedikit bulan ini selesai semuanya,” ujar Syafruddin.

Pada Asian Games 2018 mendatang, Syafruddin mengatakan ada dua tugas yang perlu dilakukan sebagai tuan rumah.

“Jadi ada dua ugas kita sebagai tuan rumah penyelenggaraan itu sendiri itu di bawah Insagoc, kemudian pencapaian prestasi tugas kita itu di bawah Kemenpora, KONI, dan komandonya itu di bawah saya,” katanya.

Senada dengan Syafruddin, Sekretaris Kemenpora, Gatot  S. Dewabroto menyatakan bahwa persiapan Asian Games 2018 sudah optimal. Gatot memnyebut tidak ada lagi keluhan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) terutama dari segi infrastruktur.

“Dalam hal infrastruktur, kita sudah siap. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sudah selesai pengerjaan dan renovasinya, sudah bisa digunakan,” kata Gatot.

Ia juga menyebutkan beberapa fasilitas di Palembang sebagian besar sudah rampung. Gatot menyebut Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin menjamin semua fasilitas akan selesai pada Juni 2018.

Sementara itu, soal dana prestasi atlet Kemepora sebut Gatot sudah menandatangani nota kesepahaman dengan 41 pengurus cabang olahraga sejauh Rabu, 24 Januari 2018 ini.

Rencanannya pada akhir Januari ini 70 persen dana itu akan cair karena bulan Februari mendatang beberapa cabang olahraga akan mengikuti test event Asian Games di GBK dan juga menggelar pelatnas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here